Makassar-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bekerjasama dengan Komisi VII DPR RI menyelenggarakan sosialisasi pengembangan bank sampah melalui infrastruktur hijau di Hotel d’Maleo Makassar pada Minggu, 24 September 2017.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Anggota Komisi VII DPR RI,  Tamsil Linrung. Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan bantuan motor sampah sebanyak 29 unit kepada perwakilan kelurahan, yayasan, dan LSM/NGO.
Pada kegiatan ini turut hadir founder Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC), Dr. Nur Hidayah selaku pemandu kegiatan sosialisasi tersebut.

Anggota Komisi VII DPR RI, Tamsil Linrung mengatakan, ukuran negara modern tidak hanya dilihat dari pertumbuhan ekonomi, melainkan dilihat dari bersih, nyaman dan ramah lingkungannya negara itu. “Kota atau negara yang bersih dan ramah lingkungan akan menjadi negara maju. Taraf hidup masyarakatnya akan meningkat lebih sejahtera,” kata Tamsil, saat meresmikan Sosialisasi Pengembangan Bank Sampah Melalui Infrastruktur Hijau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2017, di Hotel D’Maleo, Makassar.

Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Raden Sudirman mengungkapkan, program bank sampah ini untuk mencapai target pengurangan sampah sebanyak 30 persen pada tahun 2025.

Sementara itu, Founder YPMIC, Dr. Nur Hidayah mengungkapkan apresisasinya terhadap program ini yang dinilai sangat bermanfaat dan mampu menjadi solusi dalam menuntaskan masalah sampah, khususnya di Makassar.