Makassar-Peace Institute South Sulawesi (PISS) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar dan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas  menggelar Makassar Interfaith Student Gathering (MISG) 2017 di Baruga Anging Mammiri Rujab Walikota Makassar (12/10/2017).

Event bertajuk perdamaian ini diinisiasi oleh Peace Institute South Sulawesi sebagai kegiatan tahunan dalam upaya menanamkan nilai-nilai perdamaian di kalangan remaja.

“Melalui kegiatan ini, kami mengharapkan terbentuknya agen-agen perdamaian di kalangan siswa khususnya siswa-siswi Sekolah Menengah dan menjadi role model dan pelopor perdamaian di sekolahnya maupun di lingkungan mereka bersosialisasi.” pungkas Muh. Taslim, S.Kep., Ns selaku Direktur PISS.

Menurut Muh. Taslim, perlu adanya upaya konkret menyikapi kasus-kasus remaja saat ini. Dan event MISG 2017 ini adalah salah satunya. Kampanye perdamaian yang disajikan dalam bentuk yang berbeda.

Walikota Makassar yang diwakili oleh Kesbangpol mengungkapkan bahwa “Kegiatan ini menjadi media untuk menjadikan langkah dan proses pentingnya suasana menghargai agama dan budaya sebagai bagian dalam rangka perdamaian yang lahir dari bawah, yaitu dari masyarakat kecil dan generasi-generasi muda seperti anak-anak sekolah. Dalam kegiatan ini yang perlu dipetik makna mendalamnya adalah apapun kegiatan kita dalam pemberdayaan masyarakat, tingkat kecerdasan masyarakat melalui anak-anak sekolah dengan kegiatan yang bervariasi seperti kegiatan lomba, talkshow dll adalah upaya meningkatkan kapabilitas khususnya di sektor pendidikan”.

“Kami sebagai bagian terpenting dari lembaga pemerintah Kota Makassar sangat mengapresiasi langkah lembaga PISS yang perlu menjadi teladan dalam rangka mendukung perkembangan kota Makassar, khususnya dalam sektor pendidikan” tambahnya.

Event ini dihadiri oleh 150 siswa-siswi SMA/SMK/MA se-kota Makassar dan sekitarnya. Event ini terdiri dari dua rangkaian kegiatan. Pertama, International Talkshow dengan tema “Future Leader’s Involvement on Implementation of Peace” dengan keynote speaker Abbas Panakkal, MA.,MCJ.,Ph.D (Direktur International Interfaith Initiative). Kedua, lomba musikalisasi puisi dan lomba pidato bertemakan perdamaian.

Kegiatan lomba musikalisasi puisi dan lomba pidato ini dijuarai oleh SMAN 1 Gowa, dan ditetapkan menjadi juara umum MISG 2017.

Link foto kegiatan:

  1.  http://bit.ly/PicturesMISG2017
  2.  http://bit.ly/PicturesMISG2017-2

Link video kegiatan:

https://www.youtube.com/watch?v=cpr_hdiBFsM