Makassar-Komunitas Koin Untuk Negeri (KUN) bekerjasama dengan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC) melalui program Charity and Health menyelenggarakan Bakti Sosial di Dusun Bara, Desa Bonto Somba, Kec. Tompobulu, Kab. Maros, 23-25 Desember 2017.

Bakti Sosial yang terdiri dari Pemeriksaan Kesehatan, Penyuluhan Kesehatan dan Pelatihan Ekonomi Kreatif ini diikuti oleh 32 orang relawan, tiga orang pegawai Puskesmas Kec. Tompobulu dan lima orang Tim Bantuan Farmasi (TBF) UIN Alauddin Makassar.

Pemeriksaan Kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol serta berat badan ini disambut antusias oleh warga setempat dengan berbondong-bondong mendatangi posko Pemeriksaan Kesehatan.

Selain itu, tim paramedis dari YPMIC juga memberikan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tatanan Rumah Tangga dan penyuluhan cara menyikat gigi yang benar pada anak-anak setempat.

Kegiatan ini merupakan program akhir Komunitas Koin Untuk Negeri yang didukung penuh oleh YPMIC, TBF, dan Puskesmas Kec. Tompobulu setelah enam bulan melakukan pengabdian di Dusun Bara.

Fitriani, S.Kep., Ns salah satu staff YPMIC mengaku sangat mengapresiasi dan sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan Baksos yang diinisiasi oleh Komunitas Koin untuk Negeri (KUN)Β  ini. “Kebaikan hakiki adalah ketika orang lain pun mampu merasakan dan menikmati kebaikan itu. Bisa turut berkontribusi meski hanya beberapa hari adalah pengalaman yang luar biasa, meski barus dibayar dengan perjalanan yang cukup menguras tenaga, medan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki dari pukul 19.00 WITA hingga pukul 00.30 WITA. Namun hal Β tersebut tidaklah seberapa dibanding kebahagiaan melihat apresiasi dan wajah bahagia warga setempat dan anak-anak yang datang melakukan pemeriksaan kesehatan dan mendengarkan penyuluhan kesehatan.”

“Kedepannya, kami berharap YPMIC bisa terus bersinergi dengan Komunitas Koin untuk Negeri (KUN) dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang juga merupakan salah satu fokus kami di yayasan”, pungkasnya.

Manager of Charity and Health YPMIC, Helmi Juwita, S.Kep., Ns yang juga merupakan relawan Komunitas Koin untuk Negeri (KUN) yang menjadi Penanggungjawab Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan mengungkapkan kegembiraannya atas suksesnya kegiatan Baksos ini. “Alhamdulillah ini adalah kali kedua KUN mengadakan Baksos di daerah pelosok, dan sebagai bagian dari YPMIC sekaligus bagian dari KUN saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang turut terlibat menyukseskan kegiatan baksos ini dan semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat khususnya bagi warga di Dusun Bara” jelasnya.

One thought on “YPMIC Turut Serta dalam Kegiatan Bakti Sosial Komunitas Koin untuk Negeri (KUN) di Daerah Pelosok”

Comments are closed.