KITA Bhineka Tunggal Ika bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Forum Perdamaian dan Bela Negera di gedung IPTEKS Unhas (5-7 Februari 2018)

Kegiatan yang diinisiasi oleh KITA Bhinneka Tunggal Ika turut dihadiri oleh Peace Institute South Sulawesi (PISS). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, mulai dari seminar hingga Participation Action Research (PAR)

Kegiatan ini terdiri dari Seminar Perdamaian & Bela Negera dan Participation Action Research (PAR) dengan tema Kolaborasi Bersama Mencegah dan Menanggulangi Konflik Kekerasan antar Kelompok di Kota Makassar.. Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa, BEM mahasiswa, kelompok pemuda, organisasi daerah, perwakilan alumni, akademisi, budayawan, NGO/ormas, kepolisian, stakeowner universitas dan Pemerintah Kota Makassar. Kegiatan tersebut dihadiri pula dari Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC) Fitriani S.Kep,Ns selaku Director of Peace Institute South Sulawesi beserta staf

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi dan mencegah konflik kekerasan di kota Makassar serta mengumpulkan masyarakat yang peduli dan bersedia terlibat aktif dalam misi perdmaian

Fitriani S.Kep, Ns selaku Director of Peace Institute of South Sulawesi Selatan mengungkapkan apresiasinya atas partisipasinya dalam kegiatan yang digagas oleh KITA Bhinneka Tunggal Ika. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang luar biasa dimana bisa meghadirkan para pemerhati perdamaian untuk duduk bersama-sama mendiskusikan konflik-konflik antar kelompok yang biasa terjadi di Makassar dan mencari solusi bersama. Bisa turut terlibat adalah suatu kebanggaan tersendiri dari kami Pecae Institute South Sulawesi.”

“Kedepannya, PAR ini akan ada outputnya berupa artikel penelitian yang kemudian akan disosialisasikan. Harapannya hasil riset ini akan menjadi evidence base untuk terus berkolaborasi dalam menangani isu-isu perdamaian dan konflik di Makassar pada khususnya”, lanjutnya.