Solo Intefaith Peach Institute (SIPI) bekerjasama dengan Peace Institute of South Sulawesi (PISS) dan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC) meyelenggarakan Workshop Transformasi Konflik Pemuda dan Perdamaian Angkatan 2 Β di Kantor Pusat YPMIC pada hari Sabtu, 2 Β Maret 2019

Kegiatan ini dihadiri oleh 18 peserta yang berasal dari berbagai institusi di Makassar. Narasumber pada kegiatan ini sebanyak dua orang dengan fasilitator 11 orang. Dalam pelaksanaannya, diawali dengan pembukaan sambutan oleh Presiden Direktur YPMIC, Saldi Yusuf, S.Kep.,Ns dan sambutan dari LPLAG oleh Dyiah Ayu Wecha

Para peserta yang mengikuti Workshop ini mendapatkanm materi tentang Process of Communication, Peace & Violence, Conflict Transformation &Peacebuilding, Conflict Mapping, Conflict Tree, Conflict Escalation Progression, Connection and Devider, LatihanMemetakanKonflik (small group activity), dan roleplay.

Dr. Nur Hidayah selaku Founder Yayasan Pemberdayaan Indonesia Cerdas dan Peace Institute of South Sulawesi mengungkapkan sangat mengapresiasi semangat para peserta yang mengikuti workshop Transformasi Konflik untuk Pemuda dan Perdamaian, ia berharap para peserta yang mengikuti workshop bisa menjadi pengiat-pengiat perdamaian, dan juga bisa terus mengikuti kegiatan-kegiatan perdamaian lainnya.

Kegiatan ini merupakan suatu upaya menyadarkan para pemuda bahwa mereka memiliki peran sebagai ujung tombak pembangunan dan pembawa perdamaian, Membangkitkan kesadaran para pemuda agar ikut berkiprah dalam menciptakan perdamaian dunia dan Membangun jaringan perdamaian di nusantara untuk mengurangi konflik-konflik yang terjadi di nusantara.