Peace Institute South Sulawesi (PISS) kembali mengadakan ToT volunteer Sekolah Cerdas di Kantor Pusat YPMIC pada tanggal 23 Februari 2019. ToT Volunteer Sekolah Cerdas  ini ini diikuti oleh 11 peserta dari berbagai institusi pendidikan. Kegiatan yang berlangsung selama 10 jam merupakan angkatan kedua

Narasumber pada kegiatan ini sebanyak 13 orang dengan fasilitator sebanyak 8 orang. Training of trainer volunteer sekolah cerdas sebagai Menyadarkan para pemuda bahwa mereka memiliki peran sebagai ujung tombak pembangunan dan pembawa perdamaian, Membangkitkan kesadaran para pemuda agar ikut berkiprah dalam menciptakan perdamaian duniapadaumumnya, dan perdamaian nusantara pada khususnya, Membentuk agen-agen perdamaian serta sebagai fasilitator di Sekolah cerdas camp

Selain itu peserta juga di bekali materi Komunikasi efektif, CERDAS (Caring, Empathy, Relation, Diversity, Awareness, danSpirituality), Youth Involvement by Project Inspire Cambodia, danInternational Peace Movement.

Sekolah Cerdas merupakan program sustainable yang diinisiasi oleh Peace Institute South Sulawesi yang merupakan lembaga sayap dari Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC) yang bertujuan menanamkan nilai-nilai perdamaian melalaui sistem outing class dengan konsep belajar  fun yang dikemas dalam bentuk games dan roleplay/simulasi yang tentunya digemari oleh peserta yang terdiri dari anak-anak muda.

 “Hadirnya ToT Volunteer sekolah cerdas merupakan wadah pembentukan karakter dengan menginternalisasi nilai-nilai perdamaian, diharapkan mampu menghasilkan output yang tak hanya mampu menyebarkan perdamaian pada diri mereka sendiri dan lingkungan mereka melainkan  mampu menyebarkan pesan-pesan perdamaian di Indoneseia hingga dunia” ungkap Founder Sekolah Cerdas, Dr. Nur Hidayah yang telah memperkenalkan Sekolah Cerdas di King Abdullah bin Abdulaziz International Centre for Interreligious and Intercultural Dialogue (KAICIID), Vienna, Austria.