Makassar-Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC) mengutus sebelas orang delegasi untuk menghadiri konferensi tahunan yang diinisiasi oleh Project Inspire Cambodia dengan tema “Mental Health and Well-being” di Cambodia-Korea Cooperation Centre, Kamboja pada 20 Januari 2018.

Konferensi ini menghadirkan beberapa expert diantaranya Prof. Phan Chanpeou, pakar di bidang psikologi dan konseling; Venerable Kou Sopheap, tokoh agama dan pakar meditasi; Dr. Muny Sothara, klinisi di RS Preah Kossomak; dan Catherine Harry, social feminist.Kegiatan ini dimeriahkan pula oleh beberapa penampilan seni termasuk salah satunya tari tradisional Kamboja “Labokator”.

Kegiatan ini berfokus pada mempromosikan kesadaran kesehatan mental, dan pentingnya kesadaran kesehatan mental, Kegiatan ini didasari pada pemahaman bahwa seseorang tidak akan mencapai kesejahteraan tanpa menaruh perhatian pada kesehatan mental. Melalui konferensi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan mengurangi stigma dalam memerangi depresi dan penyakit serius lainnya yang mempengaruhi pikiran.

Catherine Harry selaku social feminist  mengungkapkan bahwa” kegiatan ini merupakan sebuah kesempatan besar untuk mengedukasi orang-orang bagaimana mengatasi depresi dan masalah kesehatan mental. Kegiatan ini akan membuka pikiran orang-orang bahwa masalah kesehatan mental bukan hanya sebuah episode dramatis melainkan nyata dan harus segera ditangani secara tepat”.

Kegiatan ini bertujuan untuk , mengetahui pentingnya menjaga kesehatan mental di masyarakat saat ini, membahas seberapa efektif orang harus mengelola kesehatan mental mereka serta strategi apa yang harus di pilih untuk menghadapi pengaruh luar

Generasi muda selaku kelompok umur yang sangat rentan akan masalah kesehatan mental sangatlah perlu pemahaman mumpuni bagaimana memiliki mental yang sehat dan upaya yang bisa ditempuh untuk memerangi depresi sehingga tidak makin berlanjut. YPMIC melalui Peace Institute of South Sulawesi pun mengupayakan hal ini dengan pembangunan karakter anak muda dengan menggiatkan program-program kepemudaan seperti Sekolah Cerdas dengan 6 pilarnya; Caring, Empathy, Relation, Diversity, Awarness dan Spirituality. Program ini sejalan dengan upaya Project Inspire Cambodia untuk menguatkan karakter generasi muda, termasuk kesehatan mentalnya