Citizen Reporter, Dr. Risnah SK.M, S.Kep, Ns, M.Kes, Dosen Fakultas Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

POLMAN – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC) melaksanaan program pemberdayaan masyarakat pasca gempa di Sulbar, 1 – 4 Februari 2021 di Desa Bambangan, Kecamatan Malunda, Majene dan SMAN 1 Tinambung, Polman.

YPMIC bersama tim yang juga merupakan dosen dan mahasiswa di Universitas Islam Negeri Aaluddin berkerjasama dengan civitas akademik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) melakukan serangkaian kegiatan.https://3c3bff455a2fe1c34dce0d548943ade3.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

Seperti, penyerahan bantuan logistik, pijat bayi untuk stimulasi pertumbuhan dan perkembangan, pada anak dilakukan terapi bermain yang menjadi bagian dari program trauma healing.

Untuk ibu korban gempa, dilaksanakan manajemen laktasi (Perawatan payudara, teknik menyusui dan edukasi gizi ibu dan anak), pada usia dewasa dilakukan pemeriksaaan kesehatan umum dan tak luput juga pada lanjut usia dilakukan terapi aktivitas kelompok.

Semua kegiatan tersebut harapannya dapat meminimalkan dampak fisiologis dan psikologis masyarakat akibat gempa bumi yang terjadi.

Pada kegiatan penutup program pengabdian masyarakat ini, dilakukan kunjungan silaturahmi penjajakan Memorandum of Understanding (MoU) antara Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC) dan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat. (*)



Sumber: makassar.tribunnews.com