Solo Intefaith Peach Institute (SIPI) bekerjasama dengan Peace Institute of South Sulawesi (PISS) dan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC) meyelenggarakan Workshop Transformasi Konflik Pemuda dan Perdamaian di Hotel Lynt Makassar pada hari Sabtu 24 Februari 2018.

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari berbagai institusi. Kegiatan ini juga di hadiri oleh Sekertaris daerah Kabupaten Gowa, pendeta muda dan pengurus gereja Petra Makassar.

Imelda selaku perwakilan Lembaga Perdamaian Lintas Agama dan Golongan(LPLAG) mengungkapkan “workshop ini merupakan salah satu gerakan Solo Interfaith Peace Institute (SIPI) untuk membuka jalinan simbol-simbol pemuda diseluruh wilayah Indonesia, indonesia ini luas kemudian persoalan-persoalan yang muncul pun sangat banyak dan kami berharap dengan adanya pelatihan seperti ini peserta bisa menjadi bagian dari solusi ketika kita ada masalah, apapun masalah harus kita diskusikan dengan pihak lain, semoga teman-teman bisa menularkan api perdamaian di daerah masing-masing” tutupnya

Dr. Nur Hidayah selaku Founder Yayasan Pemberdayaan Indonesia Cerdas dan Peace Institute of South Sulawesi mengungkapkan sangat mengapresiasi semangat para peserta yang mengikuti workshop Transformasi Konflik untuk Pemuda dan Perdamaian, ia berharap para peserta yang mengikuti workshop bisa menjadi pengiat-pengiat perdamaian, dan juga bisa terus mengikuti kegiatan-kegiatan perdamaian lainnya.

Kegiatan ini merupakan suatu upaya menyadarkan para pemuda bahwa mereka memiliki peran sebagai ujung tombak pembangunan dan pembawa perdamaian, Membangkitkan kesadaran para pemuda agar ikut berkiprah dalam menciptakan perdamaian dunia dan Membangun jaringan perdamaian di nusantara untuk mengurangi konflik-konflik yang terjadi di nusantara.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini kerana acara ini merupakan salah satu cara untuk mencoba mengidentifikasi apa yang menjadi masalah kita sekarang kemudian mencari solusi untuk menjadi keutuhan bangsa ini, saya berharap semoga dengan adanya kegiatan seperti ini kita selalu menciptakan perdamaian dimanapun, dan bisa menjadi pengalaman yang dapat menjaga kerukunan bangsa Indonesia” ungkap H. Mukhils, M.Si Sekertaris Daerah Kabupaten Gowa dihadapan peserta workshop.