Yayasan pemberdayaan Masyarakat indonesia Cerdas bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid19  melaksanakan kegiatan The Art Of Peace ” Mental Healing For Health Workers” yang dilaksanakan pada Mingggu, 12 Juli 2020 di Hotel Maxone Makassar

Dalam situasi pandemi COVID-19 tenaga kesehatan mengalami tekanan baru yang memperberat kondisi seseorang yang sudah mengalami masalah psikologis sebelumnya. Para tenaga kesehatan bisa mengalami stress baik dalam bentuk fisik maupun psikologis karena adanya wabah virus corona baru. Stress fisik dapat muncul ketika jam kerja yang lebih lama karena banyaknya pasien yang harus ditangani seiring dengan bertambahnya orang yang positif COVID-19.

Gejala psikologis muncul mendominasi dalam situasi krisis, baik dalam bentuk rasa tidak kompeten, ketakutan terhadap penularan, Stress kerja, kejenuhan, kecemasan, Depresi hingga bunuh diri. Hal itu disebabkan karena situasi lingkungan kerja tenaga kesehatan menuntut tenaga kesehatan harus bekerja lebih cepat daripada sebelumnya ditambah banyaknya protokol baru yang harus diikuti.

Beban moril tenaga kesehatan diperberat oleh diskriminasi dan stigmatisasi selama merawat pasien COVID-19. Pandemi berpotensi menimbulkan masalah terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan bagi tenaga kesehatan. Apalagi, belum ada kepastian kapan pandemi akan benar-benar berakhir.

Kesehatan mental para tenaga kesehatan menjadi kebutuhan kunci dalam meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit. Oleh karena itu langkah-langkah dalam meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan tenaga kesehatan harus menjadi perhatian kita bersama. Salah satu terapi yang efektif dalam meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan adalah melalui pendekatan seni. Seni merupakan media ekspresif yang dapat digunakan untuk membantu seseorang berkomunikasi, mengatasi stres, dan mengeksplorasi berbagai aspek kepribadian mereka sendiri. Melalui terapi seni, seseorang diharapkan menumbuhkan ekspresi kreatif guna menjaga dan mengembalikan kesehatan mental. Seni, baik proses menciptakannya atau melihat karya seni orang lain membantu seseorang untuk mengembangkan kesadaran diri, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan keterampilan sosial.

Oleh karena itu YPMIC dalam Anniversary ke5 bersama pemerintah dan sektor terkait  menyelenggarakan The Art of peace yang bertujuan  untuk Mengurangi kecemasan, tekanan psikologis, dan kejenuhan bekerja pada ,Tenaga kesehatan selama penanganan pandemi covid-19, Memberikan terapi pemulihan kesehatan mental kepada tenaga kesehatan 

melalui pendekatan seni kreatif dan Mengeksplorasi ekspresi psikososial dan kultural tenaga kesehatan dalam meningkatkan strategi koping

The Art Of peace di buka secara resmi oleh Wakil gubernur Makassar Andi Sudirman Sulaiman, ST sambutan tersebut di sampaikan melalui Virtual.

Selfi LIDA turut memberikan Hiburan kepada Tenaga Kesehatan malam itu melalui Virtual Zoom. Selain Selfi LIDA para tenaga kesehatan juga di hibur oleh Sanggar Seni Selfi Social Art UNM yang menampilkan Tari Kontemporer, Acoustic dan Musikalisasi Puisi.

Kegiatan Ini dihadiri Langsung Oleh para tenaga kesehatan yang sedang menjalani Karantina di hotel MaxOne Makassar dan kegiatan ini juga Live di youtube, Instagram, Facebook YPMIC dan juga secara Virtual Melalui Zoom

Kegiatan Ini diharapkan  menjadi support system bagi para tenaga kesehatan dalam menumbuhkan semangat kerja dan mengurangi tekanan psikologis yang dihadapi selama pandemi covid-19 ini.