Sekolah Cerdas merupakan salah satu program kegiatan ekstrakurikuler yang dapat berbentuk kegiatan dalam hal pengenalan keanekaragaman budaya, pengembangan kepribadian dan pendidikan karakter, kepedulian, kecintaan terhadap alam dan peningkatan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.

Sekolah cerdas hadir untuk menggairahkan dunia pendidikan saat ini untuk menghasilkan generasi emas bangsa Indonesia yang cerdas, kreatif dan memiliki kemampuan soft skill yang baik. Sekolah cerdas hadir ditengah derasnya arus globalisasi yang terbuai akan modernitas tekhnologi sehingga kita perlu kembali mengingatkan anak-anak kita untuk kembali ke alam, mencintai alam, belajar tentang alam dan menggunakan potensi alam Indonesia yang melimpah.

Program sekolah cerdas hadir dalam dua bagian pembelajaran, yang dibagi dalam tingkat usia dan pendidikan, yaitu program sekolah cerdas dalam program pendidikan karakter kepada anak didik di tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA), sedangkan Program Sekolah Cerdas pada Pendidikan Kebangsaan diperuntukkan bagi peserta didik di tingkat Perguruan Tinggi (PT), yang secara keseluruhan terkandung nilai dan makna CERDAS (CARING, EMPATI, RELATION, DIVERSITY FOR PEACE, AWARENESS, & SPIRITUAL). Sekolah cerdas  adalah salah satu program unggulan dari Peace Institute South Sulawesi (PISS) yang sudah terlaksana dan merupakan program tahunan lembaga dan saat ini sudah pada angkatan yang ke 4.